Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Acara Seren Taun Di Sinarresmi Jadi Daya Tarik Wisatawan Yang Datang

Acara Seren Taun Di Sinarresmi Jadi Daya Tarik Wisatawan Yang Datang
Acara Seren Taun Di Sinarresmi Jadi Daya Tarik Wisatawan Yang Datang
Sukabumikita.com – Rangkaian kegiatan acara Seren Taun atau upacara adat panen padi masyarakat sunda di Kasepuhan Sinarresmi, Desa Sirnarresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Acara adat seren taun ini yang masih dipertahankan. 

Seren Taun perayaan yang menjadi tradisi setiap tahunnya itu, selalu menjadi perbincangan masyarakat baik lokal maupun luar. 

Upacara penyerahan hasil panen sebagai wujud luapan rasa syukur. 

“Seren taun merupakan gelar budaya tradisional masyarakat agraris sunda sebagai wujud luapan rasa syukur kepada Tuhan. Itu diartikan juga sebagai upacara penyerahan hasil panen yang baru saja diperoleh serta memohon kebaikan untuk tahun selanjutnya,” ujar Putra Sesepuh Sinaresmi, Saragosa Gia, Minggu (7/8/2022).


Menurutnya, adat istiadat yang terus di lestarikan itu dihadiri sejumlah kelompok masyarakat adat dari Jabar dan Banten. 

Suka cita dan kekhidmatan Seren Taun tak hanya dirasakan oleh masyarakat asli Snarresmi, namun juga dirasakan memberikan makna bagi yang menyaksikannya.

“Tahun ini kita diberikan kelonggaran, sehingga acara Seren Taun ke- 443 ini, mengundang masyarakat luar tentunya dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Dia yakin, tradisi adat sunda ini akan terus dilestarikan hingga incu putu nanti. kendati demikian, karena merupakan salah satu identitas masyarakat asli suku Sunda dengan keanekaragaman budaya.

“Tentunya selain untuk menjaga, memelihara, merawat tradisi adat istiadat setempat juga. 
filosofinya ulah kabawa ku jukut usum ulah naas ku perkembangan zaman, jadi lebih ke ngaruat, ngarawat, ngarumat. Ngajaga, memelihara dan melestarikan adat itu sendiri. Jika tidak oleh kita, oleh siapa lagi,” tandasnya.***